The Girls of Riyadh


Dimulai dari beredarnya email di dunia maya yang selalu ditunggu oleh pengguna internet di seluruh Saudi Arabia, seorang “anonymous” menggemparkan negara tersebut melalui email yang dikirimnya dengan mengungkapkan realitas kaum elite di Riyadh, terutama para wanita yang menjadi tokoh utamanya.

Dikisahkan mengenai persahabatan 4 wanita; Qamrah, Shedim, Michelle, dan Lumeis yang berasal dari kalangan elite di Riyadh, dengan pendidikan tinggi yang mereka peroleh serta pergaulan mereka yang lebih multi-kultural, mencoba untuk mendobrak tradisi masyarakat Arab yang dikenal kuat memegang hukum Islam. Kisah cinta ke 4 wanita ini, karir professional sebagai bagian dari pendidikan modern yang mereka peroleh, pemberontakan besar maupun kecil yang mereka lakukan terhadap tradisi bangsa Arab yang selalu menempatkan wanita sebagai objek yang hanya mampu “menerima” & “direndahkan”, menimbulkan konflik batin di tengah-tengah kultur masyarakat Arab yang telah mendarah daging. Mereka berusaha untuk tidak menjadi wanita yang lemah, menjadi kaum yang selalu direndahkan, dengan tetap berpegang teguh pada ajaran Islam.

Cinta.. sebenarnya buku ini lebih didominasi oleh cerita cinta. Kisah cinta yang terganjal oleh adat dan tradisi yang berlaku dalam masyrakat Arab. Cintalah yang memberi kekuatan untuk memaafkan, marah, dendam, benci, sayang, berkorban dan memberi. Akan tetapi semua itu tidak mudah diekspresikan walaupun telah menuju ke jenjang yang lebih pasti, yaitu pernikahan. Kegagalan demi kegagalan yang mereka alami tidak menyurutkan usaha mereka dalam mencari cinta sejati yang tentu saja berlandaskan dengan Cinta itu sendiri, bukan pihak lain.

Menurut informasi yang ada, buku ini diluncurkan pertama kali tahun 2005 & kemudian dilarang beredar di Saudi Arabia karena isinya yang “menghebohkan”, walaupun hingga saat ini telah tersebar luas ke lebih dari 25 negara. Mungkin dari cerita ini terlihat betapa pengaruh bangsa barat sebenarnya telah masuk ke dalam kalangan elite di Riyadh. Pendidikan tinggi dan cara berfikir yang lebih modern di antara wanita-wanita tersebut menguak hal tabu yang selama ini terpendam.. atau sengaja dipendam.

Iklan

3 respons untuk ‘The Girls of Riyadh’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s