Tongkol Fusili Panggang

Udah lama kepingin nyoba bikin schotel panggang, tapi saat itu masih banyak halangan, terutama oven. Kalaupun punya pasta, paling – paling dibuat spaghetti dengan sauce marinara atau carbonara. Tapi waktu jamannya hamil pernah coba bikin schotel dengan cara dikukus, hasilnya lumayan enak dan teksturnya malah jadi lebih lembut dan tidak kering. Nanti lah kalau buat schotel kukus daku posting lagi di sini. Untuk saat ini praktek bikin schotel panggang aja dulu yah! 🙂

Daripada menggunakan daging/ayam, daku kali ini coba dengan memakai ikan. Enaknya sih tuna, kan banyak tuh tuna kalengan yang sudah matang, tapi karena di tukang sayur adanya pindang tongkol jadi daku coba aja. Kulit dan daging hitamnya tinggal dibuang deh. Dicampur dengan bahan yang lain, jadilah Tongkol Fusili Panggang ini. HHHmmmmmm…. buat makan malam aja lumayan mengenyangkan (buat daku looohhh ^_^). Eh.. si abah malah ikut – ikutan porsi makan malamnya ditambah schotel ini. Jadinya.. wareeeegggggg pisan! 😀

Fusili Baked

Untuk resepnya daku kombinasikan dari beberapa sumber. Ini resepnya :

350gr Fusili (atau pasta yang lainnya), rebus sesuai dengan instruksi di kemasan. Tambahkan sedikit minyak dan garam.
250gr Pindang Tongkol (atau tuna kalengan), buang kulit hitamnya
50gr Margarine
50gr Tepung Tempura (tepung bumbu serba guna siap pakai)
400ml Susu Cair
100gr Jagung Manis, pipil kemudian rebus 1/2 matang
75gr Kacang Polong
200gr Keju Cheddar, parut
2 Batang Daun Bawang
5 siung Bawang Putih, cincang
1/2 siung Bawang Bombay, cincang
1 sdt Garam
1 sdt Merica

# Panaskan oven dan siapkan pinggan tahan panas. Panaskan margarine, tumis bawang bomba dan bawang putih hingga harum. Masukkan tepung tempura, masak hingga agak kecoklatan kira – kira satu menit. Tambahkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menjadi sauce yang kental dan licin. Masukkan tongkol, jagung manis, kacang polong dan daun bawang, aduk hingga menyatu dan rata kemudian masukkan pasta. Tambahkan garam dan merica. Beri sedikit keju dalam saus pasta. Tuang saus pasta ke dalam pinggan sambil dipadatkan, taburi dengan sisa keju parut. Panggang dalam oven kurang lebih 30 menit hingga bagian atas adonan berwarna kecoklatan.

nyamm.. nyam.. nikmatnya dimakan dengan saus sambal! ^_^

Slice Fusili Baked

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s