B’Day Cake Project :: Eggless Steamed Chocolate Cake ::

Eggless Steamed Chocolate Cake
Setelah mencoba membuat eggless lemon cake dipostingan yang lalu, daku tertarik untuk membuat kembali dalam versi coklatnya tetapi kali ini dengan cara dikukus. Kebetulan juga keponakan ada yang ulang tahun, just for a small celebration around our family. Cari versi pembuatan kukusnya, ketemu di websitenya Edible Garden ini. Kali ini daku mencoba untuk membuat layer, dengan cara membuat layer pertama, kukus hingga matang kemudian ditabur rata dengan meises kemudian dituang kembali dengan lapisan kedua, kukus kembali hingga seluruh adonan matang. Karena daku menggunakan loyang bundar besar, berbeda dengan resepnya edible garden jadi waktu kukus yang diperlukan sedikit lebih lama.

Dalam hal rasa memang eggless cake kukus ini lebih lembut dan basah dibandingkan dengan yang daku buat dengan cara dibakar (Eggless Lemon Cake). Sayangnya, berhubung kue ini adalah kue ulang tahun, gak etis masa untuk orang lain harus dipotong cuma untuk memperlihatkan kelembutannya, hehehe.. Lain waktu akan daku tunjukkan, sabar yaaaaa 🙂 Saat mengambil gambar aja udah sulit karena Qori mulai ikut – ikut ‘mencubit’ kuenya.. duh! *_* Kalau begitu lebih baik diminta ikutan memoto aja deh! 😀

Qori Adwandana

Ini resep yang daku ambil dari Edible Garden, hanya ada sedikit modifikasi yang daku buat karena daku membuatnya dalam bentuk layer. Karena tidak menggunakan telur, maka untuk mengembangkan adonan lebih diandalkan dari penggunaan baking soda maupun baking powder. Untuk frosting atau glaze bisa menggunakan buttercream atau chocolate sauce yang disiramkan di atas kue, tergantung bahan yang tersedia di rumah anda 🙂 Hhmmmm… terus terang daku akan lebih suka kalau disiram dengan chocolate sauce, lebih yummy gitu! ^_^


Bahan
:

200gr Tepung Terigu
250gr Yogurt Plain, suhu ruang (daku ganti dengan 240ml susu Kental Manis)
100gr Gula Pasir (karena susunya sudah manis jadi untuk gula daku kurangi cukup banyak)
1/2 sdt Baking Soda
1 1/4 sdt Baking Powder
120ml Minyak Sayur
1/4 sdt Vanila Bubuk
3 sdm Coklat Bubuk
Alumunium Foil untuk menutup loyang (jika tidak ada bisa menggunakan lap bersih yang diikatkan pada tutup kukusan untuk mencegah jatuhnya uap air ke dalam adonan)
Meises/Chocolate Chip Secukupnya

# Panaskan kukusan dengan api rendah. Siapkan loyang yang telah dipoles margarine kemudian dilapisi kertas roti, poles kembali dengan margarine. Kocok susu kental manis dengan gula hingga gula mencair dan rata. Masukkan vanila dan minyak, aduk rata. Sisihkan 3 sdm tepung terigu untuk dicampur dengan coklat bubuk, selebihnya diayak bersama dengan baking soda dan baking powder. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam adonan susu sambil diaduk rata dengan kecepatan rendah hingga tidak menggumpal. Tuang sebagian adonan ke dalam loyang, tutup loyang dengan alumunium foil dan kukus selama 15 menit hingga matang. Taburi dengan meises di atas kue yang telah matang kemudian tuang kembali sisa adonan, kukus kembali hingga 20-30 menit atau sampai kue matang. Hias dengan buttercream atau chocolate sauce.

Selamat mencoba! 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s