Cake Lapis Hunkwee

Cake Lapis Hunkwee

Sudah lama punya stok hunkwee di dapur. Sebenarnya ide pertama membeli hunkwee ini hanya untuk dibuat plain (hunkwee aja) tanpa ada embel – embel dilapis dengan cake, karena daku ingat waktu kecil pernah makan hunkwee kemudian daku simpan di freezer supaya dimakannya enak ada sensasi kres.. kress.. nya gitu.. bercampur dengan es! 🙂 Tapi kali ini daku kali membuatnya untuk qori karena dia menyukai agar – agar. Cuma saja daku ingin membuat variasi agar qori tidak bosan. Ternyata eh ternyata, daku salah beli hunkwee yang berwarna hijau.. karena maksudku ingin yang berwarna putih biar dikasih warna apa saja masuk. Ahhh.. ya sudahlah, tetap diberi coklat untuk motif marmernya walaupun kurang jelas terlihat.

Proses pertama adalah membuat kuenya terlebih dahulu. Setelah matang dan didinginkan, baru kemudian dituangkan hunkwee yang telah dimasak. Agak sedikit ribet sebelum menuangkan hunkwee ke atas kue karena kue yang telah matang dan dikeluarkan dari loyang akan dimasukkan kembali ke dalam loyang yang telah dilapisi plastik agar hunkwee tidak bocor dan mudah diangkat setelah mengeras. Mungkin yang membuatnya ribet karena daku hanya punya satu loyang dengan ukuran yang sama jadi harus bolak balik melapisinya, hehehehe… Tak apa – apa lah, hitung – hitung melatih kesabaran dan ketelitian 😀

Cake Lapis Hunkwee

Menurut daku rasanya pas!, tidak terlalu manis karena gula yang digunakan baik pada kue maupun hunkwee tidak terlalu banyak, cocok untuk daku yang tidak begitu suka dengan segala sesuatu yang manis, hehehe… Yang kurang menurut abah santannya, jadi agak kurang gurih sedikit, hhhmmmmmm… padahal ini sudah pakai 1Lt masa harus ditambah lagi? duh! Tapi alhamdulillah habis juga walaupun udah diacak – acak sama Qori pakai pisau! *_* Anakku – anakku…

yang mau silahkan dicoba resepnya 🙂

Bahan Cake :

2 butir Telur
50gr Gula Pasir
40gr Tepung Terigu
20gr Coklat Bubuk
1/4 sdt Baking Powder
40gr Margarine, lelehkan
1/4 sdt Coklat Pasta

# Panaskan oven hingga 190° C. Poles loyang ukuran 20x20x5cm dengan margarine, lapisi dengan kertas roti, poles kembali dengan margarine. Kocok telur dan gula hingga kental dan mengembang. Tambahkan tepung terigu, baking powder dan coklat bubuk sambil diayak, aduk rata. Masukkan margarine dan coklat pasta sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan. Tuang adonan ke dalam loyang dan panggang kurang lebih 20 menit atau hingga kue matang. Angkat dan dinginkan. Lapisi kembali loyang dengan plastik bening yang agak tebal. Lepaskan kertas roti dari kue yang telah dingin kemudian masukkan kue ke dalam loyang yang telah dilapisi dengan plastik.

Tips : Jika anda memiliki loyang ukuran 22x22x5cm, lebih baik adonan kue dibuat dengan loyang ukuran tersebut, sedangkan loyang ukuran 20x20x5cm yang akan dilapisi dengan plastik untuk penyelesaian. Hal ini dikarenakan kue yang matang akan sedikit menyusut ukurannya. Jadi lebih baik kue yang telah matang diletakkan kembali ke dalam loyang yang lebih kecil dari loyang ketika memasaknya (pas dengan ukuran kue setelah matang). Untuk plastiknya daku menggunakan ziplock ukuran besar yang daku gunting sesuai ukuran loyang supaya tidak mudah bocor.

Bahan Hunkwee :

1 bks Hunkwee (100gr)
1000ml Santan
150gr Gula Pasir
2 lbr Daun Pandan
1/4 sdt Garam
3/4 sdm Coklat Bubuk dilarutkan dengan 1 sdm air panas

# Larutkan hunkwee, gula dan santan. Tambahkan pandan dan garam. Masak sambil diaduk hingga meletup dan mengental. Ambil 1/4 bagian hunkwee, tambahkan larutan coklat bubuk, aduk rata. Tuang ditengah adonan hunkwee, aduk sekali untuk membuat efek marmer. Tuang hunkwee di atas kue sambil digoyang – goyang agar merata. Dinginkan.

Kelihatanya sulit? tidak juga… setelah dipraktekkan 🙂 ENJOY BAKING!

Cake Lapis Hunkwee

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s