Japanese Style Cheesecake

Japanese Cheesecake

Udah lamaaaaaa bangedth kepingin bikin kue yang satu ini. PENASARAN!! Review tentang kue satu ini selalu bagus dan memuaskan! Selama ini daku kalau makan cheesecake pasti yang western style dimana kue tersebut menggunakan cream cheese dalam jumlah besar yang membuat cheesecake tersebut terasa WUAAAHHH!! (baca : blenek! ^_^), Well hey! that’s why we call it cheesecake, rite? 😀

Naahhh… untuk Japanese Style Cheesecake ini hanya menggunakan kurang lebih 1/4 kg cream cheese saja. Setelah dicicip, memang terasa ‘ringan’ dibandingkan dengan western cheesecake. Dari segi tekstur, Japanese Cheesecake ini terlihat lembut sebagaimana cheesecake pada umumnya dan rasanya tidak kalah enak. Sebagian orang ada yang menyebutnya dengan Cotton Cake karena teksturnya yang begitu lembut. Nggak nyesel deh kalau dicoba! 😀  Browsing sana – sini sebagian besar mengatakan bahwa resep yang paling diminati adalah resep Japanese Cheesecake versi Yasaboga, tapi daku mengambil dari blognya Mbak RickeJust My Ordinary Kitchen.”  Waaahhh… lihat blognya beliau bener2 bikin ngeces dan semakin peeeengggeeeeennnn bangedth bisa bikin macam – macam kue ^_^

Resepnya daku praktekkan 100% dari blog beliau, hanya toppingnya yang daku ubah dengan Strawberry Jam. Kebetulan kemarin sengaja bikin Homemade Strawberry Jam biar sekalian bisa dipakai buat cheesecake ini, hehehhe.. Kalau mau tahu gimana bikin strawberry jamnya, bisa dilihat resepnya di link yang daku kasih yaaaaa 😀
Japanese Style Cheesecake
Bahan :

50gr Tepung Terigu
50gr Tepung Maizena
250gr Cream Cheese (biarkan suhu ruang)
60gr Mentega Asin
120ml Whipping Cream Cair
3 butir Kuning Telur
5 butir Putih Telur
1 butir Telur Utuh
2 sdt Kulit Jeruk Lemon, parut
1/8 sdt Garam
125gr Gula Pasir
1 sdm Air Jeruk Lemon
Alumunium Foil

 


Topping :

3 sdm Selai Strawberry
1 sdm Air
Campurkan selai strawberry dan air, panaskan


Cara Pembuatan :

–  Panaskan oven pada suhu 150°C. Siapkan loyang bongkar pasang  berdiameter 20cm/22cm. Lapisi dasar dan sisi loyang dengan kertas roti, oles tipis dengan margarine. Lapisi bagian luar loyang dengan alumunium foil yang berfungsi untuk mencegah masuknya air ke dalam loyang yang dapat menyebabkan kue tidak mengembang.

– Campur dan ayak tepung terigu beserta tepung maizena.

– Campurkan mentega, cream cheese dan whipping cream dalam wadah, kemudian panaskan di atas api kecil sambil diaduk hingga bersatu dan menjadi lembut. Jangan terlalu lama, yang penting mentega dan cream cheese sudah meleleh dan menyatu. Angkat.

–  Masukkan campuran tepung terigu dan maizena ke dalam adonan cream cheese, aduk rata. Masukkan kuning telur dan telur utuh, aduk rata. Tambahkan parutan kulit jeruk lemon, aduk rata. Sisihkan.

– Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula pasir dan air jeruk lemon sedikit demi sedikit. Kocok terus hingga mengembang dan membentuk kerucut tumpul (soft peak) ketika mixer diangkat.

– Tuang 1/3 adonan putih telur ke dalam adonan cream cheese, aduk hingga rata. Tuang kembali campuran ini ke sisa adonan putih telur (teknik pancingan), aduk hingga benar – benar merata dan warna menyatu. Tuang adonan ke dalam loyang, panggang dengan cara au bain marie/steam bake (pemanggangan dengan menggunakan loyang air) selama ±75 menit (daku sampai 90 menit) hingga permukaan kue kuning/coklat keemasan. Matikan oven. Biarkan kue di dalam oven dengan pintu sedikit terbuka hingga panasnya turun perlahan – lahan untuk mencegah penyusutan kue yang terlalu ekstrem karena perubahan suhu.

– Setelah kue benar – benar dingin, keluarkan dari loyang, lepaskan kertas roti dan oleskan topping strawberry di permukaan cheesecake.

Japanese Cheesecake Slice
“One slice… and it’s never enuff…… melting in your mouth and it’s definitely NOT an ordinary cake..”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s