Tumis Kerang Bumbu Kecap Pedas

Kerang

Kerang, atau ada pula yang menyebutnya Kijing, atau remis merupakan salah satu makanan laut yang menjadi kesukaan daku. Kalau sedang makan di warung tenda seafood, biasanya pasti pilih kerang rebus yang khas dengan bumbu kacangnya atau dengan bumbu saus padang yang super pedas! Ketika di Jakarta (masa pacaran dulu ^_^) ada satu warung tenda seafood yang selalu ramai pengunjungnya, daku dan abah bisa dibilang pengunjung rutin juga, hehehhe. Namun beberapa tahun terakhir ini daku mulai mengurangi konsumsi makanan laut tersebut karena menurut info kerang memiliki kadar merkuri yang cukup tinggi yang sudah tentu berbahaya bagi tubuh kalau dikonsumsi secara berlebihan. Tapi daku disini gak akan membahas soal bahayanya yaaaa.. daku cuma ingin membagi ilmu gimana mengolah kerang itu jadi masakan yang enak buat dinikmati (ukuran enak menurut standar daku yah! ^_^), jadi gak cuma direbus.

Dulu ibu di rumah kalau memasak kerang itu dibuat agak kering, diberi sedikit kecap dan cabe sehingga perpaduan manis & pedasnya terasa mantap. Mengandalkan tukang sayur yang setiap hari lewat untuk bawa kerang segar hampir sulit, yang ada sudah 1/2 matang (direbus), jadi karena kebetulan sedang kepingin, dibeli lah walaupun dengan resiko harus dihabiskan sendiri, hehehehe..

Buat yang suka kerang, mudah – mudahan bisa menjadi resep tambahan yang cukup mudah yaa.. dan yang penting cuma membutuhkan waktu memasak yang relatif singkat 😀

Bahan :

250gr Kerang Hijau/Putih. Cuci kerang terlebih dahulu kemudian rebus hingga matang, tiriskan air hingga kering.
5 siung Bawang merah, iris tipis
3 siung Bawang Putih, iris tipis
4 buah Cabe Merah, potong serong
3 buah Cabe Rawit, potong serong
1 1/2 ruas jari jahe, memarkan
1 ruas jari kunyit, haluskan (bisa menggunakan kunyit bubuk)
2 batang serai, memarkan
1/2 sdt Garam
4 sdm Kecap Manis
Sedikit Air

Cara Pembuatan :

Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan cabe merah, cabe rawit, jahe, kunyit dan serai, masak hingga bumbu wangi. Masukkan kerang, aduk rata, tambahkan sedikit air, tutup dan masak hingga bumbu meresap. Tambahkan garam dan kecap, aduk rata. Angkat, sajikan panas.

Mudah bukan? ^_^

Tumis Kerang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s