Home-Made Play Dough

Ketika Qori diperlihatkan mainan yang bisa dibentuk dari lilin, dia begitu semangat untuk minta dibelikan 😀 Setiap hari dia pasti menonton tayangan “play doh” di channel favoritnya itu. Dipikir – pikir dari pada membeli lilin tapi dalam 1 hari sudah kering dan gak bisa digunakan lagi, kayanya lebih baik kalo dibuatkan dari bahan – bahan yang lebih aman

untuk anak kecil dan bisa dimainkan berulang – ulang, yaitu dari tepung terigu 🙂

Teman daku suatu waktu memposting di facebook gimana caranya membuat home-made pay dough ini, jadi aja langsung diminta sekalian resepnya. Kalau kita googling sih banyak banget versi gimana cara membuatnya, tapi karena kebeulan teman ada memposting langsung aja ditodong, heheheh… Kebetulan untuk warna gak perlu khawatir karena daku punya stok pewarna kue yang cukup banyak, hehhehehe.. Jadi deh! begitu bahan – bahannya lengkap, langsung dieksekusi! ^_^

Home Made Play Dough

Bahan yang diperlukan :

250gr Tepung Terigu
250gr Garam
1 sdm Minyak Goreng
Pewarna Makanan (Warna boleh apa saja)
250ml Air Hangat
Baskom/Mangkuk

Cara pembuatan :

# Masukkan garam ke dalam mangkuk,  tuangi dengan secangkir air hangat (250ml). Tambahkan pewarna makanan. Kepekatan warna tergantung seler, kalau ingin warna yang lebih jelas, tambahkan lebih banyak pewarna. Aduk merata. Tambahkan minyak, aduk kembali. Masukkan tepung terigu, aduk dengan menggunakan sendok sebentar kemudian uleni dengan tangan hingga kalis dan warna tercampur rata dengan terigu. Play dough siap digunakan.

Note : simpan play dough dalam kantong ziplock dan masukkan ke dalam kulkas.

Kalau kalian mau membuat beberapa warna tinggal disesuaikan aja takarannya ya.. atau dari 250gr terigu mau kalian bagi menjadi 2 warna juga boleh – boleh aja, silahkan… hanya saja adonannya jadi sedikit untuk setiap warna 😀

Selamat mencoba! ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s