Chocolate Meringue Cookie

Chocolate Meringue

Meringue merupakan kue yang terbuat dari putih telur yang dicampur dengan gula kemudian dikocok hingga kaku dan dipanggang hingga kering. Daku jadi ingat jajanan ketika masih kanak- kanak, ada kue (biskuit) bulat kecil yang di atasnya diberi hiasan gula warna warni berbentuk seperti bell/kubah. Sukaaaa.. bangedth! terkadang yang dimakan cuma gulanya aja, biskuitnya dibuang 😀 Ternyata hiasan itu dibuat dari adonan meringue. Pernah juga lihat resepnya di “Chocolate Lovers’ Cookbook” dimana meringue ini dibuat menjadi Meringue Pie. Tertarik karena bahan bakunya yang mudah banget, tapi karena belum punya cetakan pie jadi mundur dulu, hehehhe. Akhirnya tahun lalu ketika kami sekeluarga berkunjung ke rumah saudara di Singapore, ada sekumpulan kue dalam toples yang menarik perhatian daku seperti macaron, hanya saja tidak dibuat sandwich sebagaimana macaron pada umumnya.

Dari situ, mulai lah cari – cari lagi resep untuk meringue ini. Gak mikir jauh – jauh, tinggal buka webnya Joy of Baking dapet deh resepnya ^_^ Beneran mudah deh bahan – bahannya, cara buatnya juga mudah dan gak memakan waktu yang lama. Daku ikuti persis seperti resepya mommy Stephanie, hanya daku kurangi sedikit gulanya biar tidak terlalu manis. Tapi mungkin karena daku kurang lama mengocok adonan putih telur dan gulanya sehingga kurang kaku, jadi agak sedikit cair. Tapi alhamdulillah hasilnya tetap oke dan mengembang sempurna! Dalam sekejap, my first loyal customer, Qori Adwandana, dah ngabisin 1/2 toples sendiri.. hehehehe

Swiss Meringue

Camilan ringan tapi gak tahan lama (maksudnya cepat habis :-D) ini mudah bangeth dicari bahannya. Buat yang biasa membuat kue, bahan – bahannya pasti udah tersedia di lemari ^_^ Yang mau bikin, boleh dicoba resepnya yang super simple ini yah 🙂

Bahan : 
3 butir Putih Telur (100gr)Crisp & Soft Meringue
200gr Gula Pasir (daku kurangi jadi 150gr)
1/2 sdt Vanilla Ekstrak (kalau tidak ada bisa diganti dengan vanilla bubuk)
2 sdm (15gr) Coklat Bubuk, ayak

Cara pembuatan :
* Panaskan oven dengan suhu 130°C. Siapkan loyang yang telah dilapisi kertas roti. Agar kertas tidak bergeser, berikan sedikit adonan di bawah kertas agar kertas menempel pada loyang.
* Campurkan putih telur dan gula pasir dalam mangkuk stainless dan aduk hingga menyatu. Letakkan mangkuk di atas panci yang berisi air mendidih, aduk terus hingga gula mencair dan adonan putih telur terasa hangat jika disentuh ( ± 2- 5 menit). Angkat dari api, bersihkan (lap) bagian bawah mangkuk stainless dari air untuk mencegah terjadinya pengentalan.
* Pindahkan adonan putih telur ke dalam wadah mixer. Kocok dengan kecepatan tinggi, dimulai dari kecepatan rendah terlebih dahulu kemudian meningkat hingga kecepatan tinggi hingga adonan putih telur menjadi kaku dan mengkilat (± 5 menit). Ini tergantung kemampuan mixer ya, yang penting hingga adonan menjadi kaku dan mengkilat dan adonan telah dingin ketika kita sentuh.
* Tambahkan vanilla ekstrak, aduk rata. Masukkan coklat bubuk, aduk rata dengan menggunakan spatula. Jika menginginkan kue sedikit bermotif, coklat bubuk jangan diaduk rata, tapi seperlunya saja jadi adonan putihnya masih terlihat. Daku mengaduk rata coklat bubuknya tapi menyisakan sedikit coklat bubuk untuk ditabur diatas adonan sebelum dipanggang.
* Dengan menggunakan sendok, tuang adonan putih telur di atas kertas roti. Jika anda ingin membuat bentuk lain, anda bisa menggunakan cetakan kue semprit. Adonan dimasukan ke dalam piping bag yang ujungnya telah digunting dan diberi cetakan kue. Atau jika ingin bentuk yang tidak beraturan bisa menggunakan garpu saja seperti yang dilakukan ibu Stephanie 🙂 Karena adonan daku agak cair dan gak bisa dibentuk, jadi daku beri taburan coklat bubuk saja ^_^
* Panggang adonan dalam oven hingga kurang lebih 1-1 1/2 jam. Turunkan suhu oven segera setelah adonan masuk ke dalam oven. Lamanya memanggang tergantung dari besarnya bentuk kue yang dibuat ya, bisa jadi lebih cepat. Daku tetap menginginkan hasilnya renyah tapi dalamnya tetap  lembut, tidak kering seluruhnya. Jadi karena daku membuatnya kecil – kecil, hanya diperlukan waktu ± 40 menit untuk bagian luar kue terlihat kering dan kecoklatan. Semakin besar anda membuat ukuran kuenya, maka akan diperlukan waktu lebih lama untuk matang. Seperti apa tingkat kematangan yang anda inginkan, anda tinggal menambah waktu memanggang lebih lama. Semakin lama memanggang, meringue akan lebih padat/kering.
* keluarkan dari oven, dinginkan, lepaskan kue dari kertas roti dan simpan dalam toples.

Mudah apa mudah bangedth? 😀 selamat mencoba!
Meringue Cookies

8 respons untuk ‘Chocolate Meringue Cookie

    • Foto yang di bawah itu sengaja dibikin 2 kue agak besar, jadi sempet diperpanjang waktu panggangya & agak ditinggal2. Jadinya lumayan kering dan timbul retakan, tetap enak koq dimakan, itu buat jatahnya abah 😀

  1. Mungkin waktu memanggangnya perlu ditambah, mbak Qori. Pastikan kue sudah mengembang dan agak mengeras. kalau tidak mengembang, mungkin juga kurang kaku pada saat mengocok putih telurnya 🙂

    • Kertas roti itu fungsinya biar bawah kue gak mudah gosong. Boleh aja gak dialas kertas roti, poles aja loyang dengan mentega terlebih dahulu biar kue gak lengket 🙂

    • Gula pasir itu butuh waktu lama untuk mencair, sedangkan putih telur dikocok membutuhkan waktu yang relatif cepat untuk mengembang & kaku. Jadi kalau gula pasirnya tidak dicairkan dikhawatirkan tidak tercampur rata. Kalau mbak pakai gula tepung, mungkin bisa dikocok langsung tanpa harus dipanaskan terlebih dahulu. MUngkin ya, tapi saya belum coba 😀 kalau mbak coba, kasih tau saya hasilnya ya ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s