Banana Chocolate Chunk Muffin

Banana Muffin

Banana Muffin (Muffin Pisang) sebenarnya adalah versi lain dari Banana Bread (Loaf). Membuat muffin pisang menurut saya cukup mudah karena cukup mengaduk/menyatukan bahan – bahan kering dengan bahan yang basah hingga rata tanpa menggunakan mixer.

Waktu pertama kali mencoba bikin muffin ini cukup puas, rasanya pas dan asyik buat menjadi teman sarapan kopi di pagi hari karena cukup mengenyangkan.  Karena yang pertam berhasil, saya kembali mencontek dari resepnya mommy Stephanie di Joy of Baking.

Banyak variasi muffin yang bisa dibuat, tapi karena pisang bukan buah musiman jadi hampir setiap hari pasti tersedia, terutama di tukang sayur dekat rumah 😀 Untuk membuat muffin, pastikan pisang sudah benar – benar matang. Kalau kulitnya sudah mulai hitam, naahh.. boleh bangedth tuh digunakan karena yang dibutuhkan adalah tektur halus dari pisang tersebut supaya mudah juga dalam proses pematangan.

Daku membuat sedikit modifikasi dari resep aslinya, disesuaikan dengan bahan – baahn yang tersedia di dapur, seperti gula dikurangi biar tidak terlalu manis karena nantinya daku akan menambahkan chocolate chunk di dalamnya dan beberapa bahan – bahan lain dak skip karena gak tersedia tapi hasilnya tetap oke 🙂 Untuk resep aslinya bisa dilihat di webnya Joy of Baking ini yaa….
Banana Muffin

Bahan :

300r Tepung Terigu Seba Guna
135gr Gula Pasir
115gr Walnut or Pecan (daku skip)
1 sdt Ground Cinnamon (daku skip)
1 sdt Baking Powder
1 sdt Baking Soda
1/4 sdt Garam
85gr Dark Baking Chocolate, potong kotak – kotak kecil (boleh juga menggunakan chocolate chip, sisakan sedikit untuk topping muffin)
150gr Mentega, cairkan & dinginkan
600gr Pisang Ambon/Raja (kira – kira 5 buah pisang ukuran sedang), haluskan dengan menggunakan sendok/garpu
3 butir Telur, kocok lepas
1 sdt vanlilla extract (bisa diganti dengan vanila bubuk)

Cara Pembuatan :
* Panaskan oven dengan suhu 180°C. Siapkan loyang muffin/cupcake yang telah diberi mangkuk kertas muffin atau cupcake. Jika menggunakan mangkuk kertas yang agak tebal seperti saya, tidak perlu menggunakan loyang muffin karena bahan kertasnya cukup kuat untuk menahan adonan ketika mengembang. Cukup dengan loyang datar tinggal meletakkan mangkuk kertas di atasnya.

* Siapkan mangkuk besar, campurkan jadi satu terigu, gula pasir, baking powder, baking soda, chocolate chunk, garam dan vanila, aduk rata.
* Siapkan mangkuk sedang, campurkan pisang, telur, mentega cair, aduk rata dengan menggunakan spatula atau sendok kayu. 
* masukkan adonan pisan ke dalam adonan terigu, aduk hingga rata saja, jangan sampai over mix karena akan membuat muffin menjadi keras/liat.
* Tuang adonan ke dalam mangkuk kertas ±3/4 tinggi mangkuk. Taburi atasnya dengan chocolate chunk. 
* Panggang selama ±25 menit atau test dengan menusukkan lidi di tengah muffin, jika tidak ada adonan yang menempel berarti sudah matang. 
* Angakat, dinginkan & sajikan. 

Sebagaimana layaknya muffin, hasilnya akan sedikit padat namun dalamnya tetap terasa lembut dan yang pasti mengenyangkan! 😀

Selamat Mencoba! ^_^
http://www.daftardbcn.com/?id=anismunandar
Baana Chocolate Chunk Muffin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s